Monday 5 December 2011

CCIE Bootcamp, Day 3 Sesi 1

Hari ketiga.. Eh, hari ini hari apa ya??? Hari Senin kah??? @_@

Anyway, by the way, busway on the way, hari ini materinya lebih berat dari kemarin.. Kira2 nambah 3 kilo lah.. XD Jadinya, untuk materi hari ini, saia bagi jadi 3 sesi.

Sesi 1 mbahas mengenai OSPF. Secara sekilas, kelihatannya banyak sekali teknologi OSPF yang perlu dipelajari, jika dibandingkan dengan, katakanlah, EIGRP. OSPF network, OSPF lsa-type, OSPF area.. @_@

Mulai dari lsa-type. LSA, atau Link-State Advertisement, adalah "darah"nya OSPF. Tanpa LSA, tidak ada itu yang namanya OSPF update. Tapi akibatnya, OSPF menjadi sangat tergantung dengan LSA.. Sampai2 rela menyimpan data dari 11 (sebelas !!!!1!one!) macam LSA (alias lsa-type) yang berbeda. Untungnya yang umum terpakai hanya 6 jenis.. :p

Daftarnya sbb:

    LSA type
    Fungsi
    Type 1
    Routing standard yang dikeluarkan oleh setiap router. Untuk routing dalam satu area saja, tidak untuk diedarkan keluar area.
    Type 2
    Routing khusus topologi multi-access seperti Ethernet atau Frame-relay network. Hanya diterbitkan oleh Designated Router (DR). Hanya untuk konsumsi satu area saja, sama seperti LSA type-1.
    Type 3
    Routing antar area. Dikeluarkan pada saat LSA type-1 dan type-2 melewati Area Border Router (ABR). Disebar ke semua area selain area asal.
    Type 4
    Routing khusus untuk ke perbatasan luar OSPF, menunjuk ke arah Autonomous Boundary Router (ASBR). Dibuatkan oleh ABR pada saat ada LSA type-5 yang melintasi perbatasan antar area.
    Type 5
    Routing untuk jaringan yang berada diluar jaringan OSPF itu sendiri. Dikeluarkan oleh ASBR. Perlu LSA type-4 untuk menuju ke ASBR-nya itu sendiri.
    Type 7
    Routing khusus untuk area Not-So-Stubby (NSSA). Hanya beredar di dalam area NSSA, sebagai pengganti LSA type-5.

Banyak ya.. :p

Kemudian untuk area: di OSPF, dikenal adanya area stub dan not-so-stubby. Fungsinya sekedar untuk meringkas routing table, supaya router2 di dalam area ybs. tidak perlu ikut menyimpan rute keluar OSPF. Karena toh asumsinya, semua koneksi keluar OSPF musti lewat area 0. Jadi cukup menyimpan default route ke arah area 0 sebagai pengganti rute eksternal.

Terakhir adalah yang namanya OSPF network type. Secara umum, OSPF network bisa dirangkum menjadi seperti tabel berikut ini:

    OSPF
    Network Type
    Contoh Pemakaian
    Pakai DR
    Neighbor Otomatis
    Didapat
    Broadcast
    Ethernet
    Ya
    Ya
    Non-broadcast
    Frame-relay multipoint (physical maupun sub-interface)
    Ya
    Tidak
    Point-to-point
    Link point-to-point seperti PPP atau HDLC. Bisa juga pakai sub-interface point-to-point di frame-relay
    Tidak
    Ya
    Point-to-multipoint
    Frame-relay multipoint, dengan catatan bisa melakukan broadcast antar router, sebagai pengganti network non-broadcast, supaya tidak perlu pakai DR
    Tidak
    Ya
    Point-to-multipoint
    non-broadcast
    Frame-relay multipoint yang tidak bisa melakukan broadcast antar router
    Tidak
    Tidak

Cukup ga ya? Masih banyak yang bisa dibahas untuk OSPF, tapi waktu dan tempat terbatas.. Jadi (mungkin) akan kita lanjutkan dilain waktu..

Sekian dan terima kasih untuk sesi 1.



Maul McKwack


PS: telad nih, uploadnya.. XD

No comments:

Post a Comment